TUTORIAL UNITY - PRO BUILDER
PRO BUILDER
Hallo di postingan kali ini akan membahas tentang UNITY, disini akan menjelaskan tentang penggunaan dasar Unity yang terkait dengan fungsi Project, Scene, GameObject, Component dan Variable. Selain itu tutorial ini akan mengupas sedikit tentang penggunaan Pro Builder pada Unity.
-Langkah pertama buat aplikasi baru dengan Unity
Pembuatan Level
Dalam tutorial kali ini kita akan mencoba membuat level sederhana dengan Unity. Caranya akses menu GameObject > 3D Object > Plane
-Atur Plane di tengah kamera
-Atur Scalenya 10,1,10
-Buat material dengan cara klik kanan pada panel Assets > Material
-Ganti warnanya misalnya menjadi BIRU, Selanjutnya kita akan tambahkan package PRO BUILDER. Caranya? Klik menu Window > Package Manager Cari package PRO BUILDER dan klik INSTALL setelah proses instalasi selesai, akses menu Tools > ProBuilder > ProBuilder Window Klik icon change icon, dan pilih USE ICON MODE
Cara membuat Cube
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CUBE, Atur nilai parameter yang dibutuhkan
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CUBE, Atur nilai parameter yang dibutuhkan
-Kemudian klik tombol BUILD
Cara membuat Prism
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PRISM
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PRISM
-Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik BUILD
Cara membuat Stair
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek STAIR
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek STAIR
-Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
Cara membuat Cylinder
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CYLINDER, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CYLINDER, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
Cara membuat Door
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek DOOR, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek DOOR, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
Cara membuat Plane
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PLANE, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PLANE, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
Cara membuat Pipe
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PIPE, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PIPE, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
Cara membuat CONE
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CONE, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CONE, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
Cara membuat Arch
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek ARCH, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek ARCH, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD
Cara membuat Sphere
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek SPHERE, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD.
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek SPHERE, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD.
Cara membuat Torus
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek TORUS, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD.
-Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek TORUS, Atur nilai parameter yang dibutuhkan, Kemudian klik tombol BUILD.
Selanjutnya buatlah material hijau,biru,ungu,orange
Pasang setiap material pada objek yang sudah dibangun
Selanjutnya adalah langkah yang paling penting yaitu download Variabel Model yang merupakan bagian dari Zetcil Framework
Pasang prefab VarPlay
Centang Mesh Rendere agar kelihatan objek dasarnya
Selanjutnya atur posisi PANDANGAN ANDA, kira-kira seperti pada Scene berikut.
Setelah itu klik GameObject MainCamera
Setelah itu klik GameObject MainCamera
Atur PANDANGAN CAMERA (kotak kecil - Camera Preview) agar sesuai dengan PANDANGAN ANDA (kotak besar - Scene) dan klik menu GameObject > Align With View Jadikan Main Camera sebagai child dari VarPlay
Klik PLAY dan tes pergerakan dengan menekan tombol keyboard.
Terimakasih sudah melihat tutorial kali ini, selamat mencoba !
Comments
Post a Comment